Kompetitif

23 August 2020 • 8: 28 am WIB

Saya orangnya kompetitif. Ga mau kalah. Bahkan ketika brainstorm, pengennya ide saya aja yang didengar.

Itu yang saya rasakan (dulu). Selalu merasa idenya paling benar, paling bagus, paling pintar. Pokoknya yang paling-paling deh. Kenapa saya selalu merasa seperti itu? Validasinya ada di kemenangan ketika pitching. Saya berkarya di digital agency yang mana hampir selalu menghadapi pitching untuk memenangkan new business. Tiap saya punya ide, hampir selalu menang. Mungkin itu yang bikin jumawa dan bikin saya jadi kaya pake kacamata kuda.

Seiring berjalannya waktu, saya mulai merasa itu salah. Tidak ada regenerasi yang terjadi di company karena semua orang bisa jadi berpikir lebih baik mengikuti keinginan saya saja. Oleh karena itu saya mulai mengubah metode. Mulai mengubah mindset. Dan mulai percaya kepada orang.

Tanpa disangka, saya sekarang malah sering ngeliat ide-ide yang lebih gila dibanding ide saya. Ide yang fresh yang keluar dari anak-anak yang dulunya masih coba ngikutin apa mau saya. Ternyata selama ini company saya punya orang-orang terbaik yang belum mengeluarkan seluruh kemampuannya karena terhambat dengan egoisme saya pribadi.

Oleh karena itu saya mulai mengubah prioritas. Pitching bukan lagi prioritas utama saya. Ketakutan saya bahwa ketika saya tidak ikutan pitching, company akan gagal mendapatkan new business sudah menurun dengan kapasitas dan kualitas kerjaan yang dimilikin anak-anak Froyo Story.

Selama ini saya selalu bilang ingin Froyo Story jadi agency paling kreatif. Perkataan yang saya sadar bahwa ternyata hanya mampu diucap dimulut tapi eksekusinya malah banyak membatasi kreativitas orang-orang. Kompetitif itu baik tapi kalau jiwa kompetisi malah merugikan lingkungan sekeliling, yang dilihat orang hanya sebuah keegoisan.

KomSekarang, saya malah bangga sekali dengan semua karya anak-anak Froyo Story. Mereka telah berkembang sangat bagus dan semoga apa yang sempat diucapkan akan bisa segera terealisasi. I trust you all!

Other Articles

Kompetitif

Adaptasi Atau Mati. Pelajaran Dari Youtuber Yang Katanya Legend.