How To Find An Idea?

8 July 2020 • 11: 50 am WIB

Kalo ngomongin ide, kayanya ga bakal ada habisnya.

Sampai saat ini, udah sekitar 7 tahun gue bangun bisnis yang jualannya itu adalah ide. Ide komunikasi, ide promosi, ide konten. You name it. Semua itu bahan jualan gue yang bikin bisnis gue sekarang punya fondasi yang cukup untuk berkembang dan bertahan di masa sulit kaya sekarang.

Tiap kali ngomongin ide, gue selalu dapat pertanyaan gimana caranya ngedapetin ide?

Well menurut gue ga ada jawaban yang pasti untuk ini karena tiap orang gue yakin punya caranya sendiri-sendiri. Ada yang sambil ngelamun di kamar mandi, ada yang sambil ngobrol ama teman-temannya, ada yang sambil makan. Untuk gue, cara gue nemuin ide biasanya pas nyapu atau ngepel di rumah. Cuma emang ga dipaksa gitu. Misal: kalo nyapu malam ini harus nemuin ide ya! Prosesnya harus ngalir karena ide itu biasa berkembang ketika kita lagi rileks dan tiba-tiba muncul AHA momen.

But yang musti diketahui, kegiatan itu sebetulnya adalah buntut dari apa yang kita lakukan sebelum-sebelumnya. Maksudnya sebelum kita bisa nemuin ide, pasti sebelumnya kita ada ngelakuin riset dulu, bisa browsing sana sini, bisa nontonin trending Youtube, bisa traveling, bisa merhatiin lingkungan sekitar dan lainnya. Semua itu kaya diserap secara sadar ga sadar dan endapan informasinya itu membentuk serangkaian penghubung satu sama lain yang puncaknya adalah ketemu AHA momen.

Sampai sini harusnya kita sudah paham gimana ide terbentuk. Proses selanjutnya adalah kita harus menantang ide tersebut. Makanya harus ada perdebatan (yang kalau di bahasa gue biasayna bilang perdebatan kreatif) agar idenya makin tajam. Itulah kenapa sesi diskusi atau brainstorming itu penting. Butuh pandangan dari berbagai sisi dan pengalaman pribadi dari berbagai orang untuk ngebungkus ide sampai ke tahap akhir.

Yak kira-kira gitu deh biasanya cara nemuin ide yang kece.

Other Articles

Ngoceh Aja Dulu

How To Find An Idea?